Biaya hidup layak di Kota Medan?

Tidak terasa sudah hampir 10 tahun saya tinggal di Kota Medan, kota yang kata orang penduduknya keras keras sekali bah. Mulai dari supir taxi bandara yang kalau jaman dulu di bandara internasional polonia, kita baru mendarat aja sudah berantem dengan supir taci karena rebutan tas. Belum lagi tukang becak yang terkenal dengan slogan nya "hanya Tuhan dan tukang becak yang tahu kapan si becak berwnti atau belok."

Benar benar SUMUT : Semua Urusan Musti Uang Tunai. Jika anda sudah bisa menaklukkan Sumut berarti anda sudah bisa menaklukkan kota lainnya di Indonesia... hahaha.. begitu kata tukang parkir Medan yang lagaknya sok tahu tapi "tong kosong nyaring bunyinya".

Kembali ke topik di atas. Berapa sih gaji seseorang baru bisa di katakan hidup layak ?

Jika di Jakarta minimum anda harus punya gaji 100jt per tahun atau setara dengan 7 juta - 8 juta per bulan, baru di katakan anda sudah memenuhi standar kelayakan untuk tinggal di Jakarta. Nah... kalau Medan gimana lagi?

UMK Medan alias upah minimum kota per tahun 2014 adalah 1,86 juta. Jika di bandingkan dengan Jakarta yang UMK nya 2,2 juta dapat di simpulkan bahwa anda yang tinggal di Kota Medan standart hidup layaknya adalah kisaran 5 juta.

Kesimpulannya adalah jika anda PNS golongan 2 atau 3.. bisa di bilang masih jauh dari standart itu. (Makanya byk yang nyari sampingan jual oriflame, sofie martin, dan mlm lain) jika saya bilang wajar sekali.

Saya selalu bilang dalam seminar ke kampus kampus bahwa : jika anda mau gaji besar, cari lah perusahaan yang dimana perputaran uangnya juga besar seperti pasar modal, asuransi, perbankan, dll.

Semoga bermanfaat...



0 comments:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More